Hal Hal Sebelum Anda Daftar Google AdSense

Tidak bisa dipungkiri lagi, Google AdSense masih menjadi cara "primadona" bagi blogger dalam memperoleh pendapatan online dari blog-blog mereka. AdSense adalah cara yang cukup cepat dan sederhana bagi blogger untuk menampilkan iklan yang relevan dengan konten blog mereka. Membuat uang dengan AdSense mungkin mudah, tapi bagaimana dengan proses menuju kesana ?

AdSense (GA) adalah affairs periklanan 'kontekstual' yang dijalankan oleh Google Inc. dimana memungkinkan penerbit / pemilik blog menampilkan iklan yang berupa tekstual, video atau gambar pada halaman websitenya dan akan mendapatkan uang (earning) ketika pengunjung situs melihat dan mengklik iklan. Anda hanya perlu sebuah website atau blog yang layak dan Google melakukan sisanya

Memperoleh pendapatan dari blog/web dengan affairs AdSense adalah hal mudah, tetapi proses agar blog disetujui setelah ditinjau tim aplikasi Adsense adalah hal lain, mereka telah membuat sistem persetujuan yang sangat ketat dan kesalahan kecil saja bisa menjadi kegagalan. Jika Anda ingin mendapatkan accept akun Adsense dalam sekali apply, maka silakan baca tip-tip berikut yang akan membantu Anda.

1. Pasang Meta Tag

Lalu lintas adalah kunci untuk mendapatkan hasil sukses secara online. Jadi, sebelum mengajukan permohonan Adsense traffik atau lalu lintas blog harus menjadi prioritas.Untuk itu Anda harus menambahkan meta tag (Judul, Kata Kunci, Keterangan, dll). Letakkan meta tag di template blog Anda, tepatnya di bawah <head>. Kode Meta Tag seperti dibawah ini :

<meta content='JUDUL BLOG ANDA' name='title'/>
<b:if cond='data:blog.metaDescription != &quot;&quot;'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'><meta content='DESKRIPSI BLOG ANDA' name='description'/></b:if>
<meta content='KEYWORDS HERE' name='keywords'/>
<meta content='AUTHOR NAME' name='author'/>63 characters With Spaces
<meta content='INDEX,FOLLOW' name='robots'/> <meta content='index, follow' name='googlebot'/>
<meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='content-type'/>

2. Blog Traffic

Blog traffic atau lalu lintas situs sebaikanya minimal 300 visitor unik perhari, bahkan ada yang menyarankan lebih dari itu. Blog traffic ini dapat dibagi menjadi 2 :

#Organic Traffic
Organic Traffic berarti lalu lintas yang Anda dapatkan dari mesin pencari dan yang datang secara langsung ke situs Anda. 

#Inorganic Traffic
Inorganic traffic berarti lalu lintas yang Anda dapatkan dari media sosial seperti Google plus, Facebook, Twitter, dll.

3. Konten Berkualitas 

Usahakan untuk menulis konten berkualitas di blog Anda dan jangan "COPAS" dari blog lain, karena ini adalah cara yang tidak profesional dan tidak disukai Google. Anda setidaknya mempublikasikan 50-60 postingan di blog Anda sebelum mendaftar akun GA. Ada yang menyarankan juga minimal 100 posting.

4. Length Of Posts 

Atau panjang postingan, cobalah selalu membuat posting blog lebih panjang setidaknya terdiri 500-750 kata, karena umumnya mesin pencari tidak menyukai tulisan yang pendek atau sedikit. Dan juga jangan lupa untuk selalu cek tata bahasa konten, menghindari kesalahan ejaan, dll.

5. Google Webmaster Tools 

Untuk membantu Google untuk mengindeks semua halaman di blog Anda, Anda harus submit Sitemap Blog di Google Webmaster Tools.

6. Widget Yang Berguna

Gunakan beberapa widget berguna pada blog. Ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan lalu lintas anorganik dari situs media sosial seperti - Facebook, Twitter dan Google+,dll. Cobalah gunakan beberapa widget yang berguna dibawah ini :

# Google+ Author Badge, Add to circles widget, dan Google+ button.
# Subscription Box
# Facebook Like Box
# Social Sharing Buttons
# Twitter Follower Button

7. Page untuk Adsense

Apa Page (halaman statis) yang diperlukan untuk Google Adsense? Jawabannya adalah About Us, Contact Us, Disclaimer and Privacy Policy. Pasanglah Page seperti itu di menu navigasi blog Anda.

8. Domain Age

Usia domain juga perlu dipertimbangkan sebelum mengajukan permohonan akun Adsense. Menurut kebijakan Google, nama domain Anda harus berusia 6 bulan, namun jika blog Anda mempunyai lalu lintas besar dan mendapatkan pengunjung unik yang banyak setiap hari dari mesin pencari maka tidak harus menunggu selama 6 bulan akun Adsense akan diapprove.

9. Desain Blog

Tampilan blog yang sederhana jauh lebih baik daripada yang rumit, unik dan tidak umum, namun berantakan. Ini disebut pula sebagai desain yang profesional. Desain yang profesional memiliki lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan persetujuan di program Adsense. Beberapa unsur yang perlu diperhatikan agar tampilan blog lebih profesional antara lain :

# Navigasi yang mudah dan simple.
# Hindari distraction warna atau warna yang mengganggu pandangan.
# Tersedia kotak pencarian yang mudah diakses .
# Akses yang mudah ke halaman penting seperti Privasi, Disclaimer, About Us, Arsip, dll
# Gunakan font yang familiar
# Tersedia beberapa tombol sosial, profil Google Plus.
# Sebutkan nama atau sesuatu tentang diri Anda di halaman situs sehingga tim Google Adsense dengan mudah dapat memverifikasi situs Anda.

Semoga Bermanfaat.

Post a Comment