Cara Terbaik Membuat Sitemap 2014

Sitemap yang baik dan berkualitas tinggi merupakan bagian terbaik dari optimasi mesin pencari. Cara ini merupakan salah satu yang sangat mudah bagi pemilik blog untuk berbagi informasi mengenai konten di blog mereka. Banyak cara yang memungkinkan anda membuat sitemap asli atau dukungan pihak ketiga. Tetapi jika anda benar-benar ingin sitemap kualitas, berikut adalah beberapa cara terbaik untuk membuat sitemap yang berkualitas.

Protokol Sitemap didefinisikan di www.sitemaps.org, dan sekarang didukung secara luas. Namun, jika anda sedang mengembangkan sitemap anda sendiri, atau menggunakan alat pihak ketiga pastikan sitemap sesuai dengan praktik terbaik.
  1. Sitemap Contain maksimal 50.000 link dan hingga 10 MB (terkompresi). 
  2. Link di sitemap harus benar dikodekan. 
  3. Hindari memiliki link duplikat atau mati dalam sitemap anda. Membuat sitemap sedikitnya sekali sehari untuk meminimalkan kemungkinan link kadaluarsa. 
  4. Pilih format yang tepat :
    Gunakan RSS feed, untuk daftar semua konten baru yang diposting di blog anda selama 24 jam terakhir. 
    Gunakan file Sitemap XML dan file sitemap indeks untuk menghasilkan snapshot lengkap semua URL yang relevan di situs anda.
  5. Konsolidasi Sitemaps : Hindari terlalu banyak sitemaps XML dan juga terlalu banyak RSS feed. Idealnya, hanya satu sitemap indeks yang relevan dan hanya satu daftar RSS konten terbaru di blog Anda.
  6. Gunakan sitemap dan RSS properti sebagai properti appropriate.
Setiap sitemap dan sitemap indeks hanya bisa link ke 50.000 URL. Anda juga bisa link yang lebih banyak tapi disarankan hanya URL yang paling relevan dan berguna saja, karena mesin pencari tidak mungkin indeks semuanya. 

Masalah utama dengan Sitemaps ekstra besar adalah mesin pencari tidak dapat diandalkan untuk menemukan semua link di dalamnya. Dibutuhkan waktu yang panjang untuk menemukan semua sitemap setiap harinya. Search engine tidak dapat mengindeks ribuan sitemaps dalam beberapa detik atau menit.

Untuk mencegah masalah tersebut, cara terbaik adalah dengan mengelola dua sitemap. Memperbarui satu sitemap pada satu hari, dan yang lainnya di hari berikutnya. Dengan cara ini, mesin pencari akan memiliki cukup waktu (24 jam) untuk mengindeks satu sitemaps setiap harinya sehingga akan membantu menemukan semua URL pada blog anda dalam 24 sampai 48 jam terakhir.

Hanya sekian untuk tutorial hari ini, silahkan dipelajari dengan teliti sehingga anda mendapatkan hasilnya.

Semoga Bermanfaat.

Post a Comment