3 Cara Mudah Membackup Blog (2014)

Pertama-tama selamat pagi untuk kawan-kawan dan pembaca semuanya. Semoga pagi ini anda sehat dan sudah bangun semuanya. 
Hari ini saya akan memberitahu bagaimana anda dapat dengan mudah backup blog anda dengan 3 cara yang berbeda. Backup blog adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap blogger. Meskipun Blogger milik Google dan merupakan salah satu platform yang paling aman dan tidak dapat di retas dengan mudah namun kita tidak pernah tahu apakah password kita akan dicuri atau kita sengaja menghapus suatu postingan.

Seorang blogger harus backup blognya secara berkala dan untuk membuat tugas ini lebih mudah saya akan memberitahu anda bagaimana anda dapat melakukan ini dengan 3 metode yang berbeda.
METODE 1 : CARA TRADISIONAL
Hal ini tentunya metode yang paling umum dan banyak dari anda di sini mungkin sudah tahu itu. Dalam metode ini kita Impor posting blog dan download template blog dari Blogger.com sendiri.
METODE 2 : MENDOWNLOAD DATA DARI GOOGLE DASHBOARD
Ini mungkin adalah cara termudah untuk backup semua template dan posting blog anda dengan hanya beberapa klik. Jadi untuk membackup dengan metode ini ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Pertama-tama pergi ke Dashboard Google. Anda akan diminta untuk login di sana.
  • Setelah log in, klik link "Download Your Data" yang akan di sidebar kiri.
  • Klik tombol "Create an Archive".
  • Banyak daftar produk Google yang tersedia, dari semua itu pilih "Blogger". Selanjutnya klik pada tombol "Create Archive" yang akan berada di atas daftar.




  • Setelah mengklik, Progress Bar akan menunjukkan status arsip yang anda diciptakan. Setelah beberapa detik tombol download akan muncul. Anda akan kembali diminta untuk Login untuk alasan keamanan.
  • Setelah anda login kembali, anda dapat mendownload backup dari semua blog yang ada di akun blogger anda dengan Template dan konten blog. Backup ini akan tersimpan di harddisk anda.
METODE 3 :MENGGUNAKAN SOFTWARE

Metode ketiga ini juga cukup mudah. Dalam metode ini kita akan menggunakan perangkat lunak pihak ketiga yaitu Blogger Backup Utility. Software ini membantu anda mendownload tulisan dari blog anda (tidak ada backup template) dengan mudah dengan bantuan pakan blog. Untuk membackup dengan Blogger Backup Utility ikuti langkah-langkah di bawah ini :
  • Download Blogger Backup Utility Disini. Ekstrak dan Install software tersebut.
  • Pada menu "Available Blogs" pilih Tambah / Update / Hapus Blog.
  • Masukkan username dan kata sandi Blogger anda.
  • Setelah masuk, pilih blog yang diinginkan dari menu dropdown dan bisa dilihat pilihan di bawah ini seperti simpan postingan dalam bentuk file.
  • Terakhir klik pada tombol Backup Posts dan backup akan disimpan dalam folder yang dipilih. Posting blog anda akan tersimpan pada disk anda.
Saya berharap metode ini akan membantu anda dalam membuat blog anda lebih aman. Terima ksih telah berkunjung.

1 comments:

Untuk membackup blog dapat diperlukan dengan beebrapa cara seperti cara tradisional, mendownload data dari Goofle Dashboard, dan juga menggunakan aplikasi. Info yang sangat membantu mengenai Cara Mudah untuk Membackup Blog.

Reply

Post a Comment