Cara Mengetahui Artikel Yang Dicopy Paste Orang Lain

Sebagai blogger atau pencipta konten, atau bahkan SEO, anda selalu mendapatkan risiko bahwa artikel anda akan disalin alias dicopy paste. Itu memang risiko karena meskipun mesin pencari lebih cerdas dalam mendeteksi sumber asli dari beberapa duplikat artikel. Dan tidak ada jaminan bahwa sumber asli akan selalu menjadi yang teratas dan duplikat artikel akan dihukum. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memeriksa beberapa artikel anda yang disalin oleh orang lain.

Ada banyak cara untuk menemukan duplikat artikel. Namun hal ini tidak semudah yang kita pikirkan. Ada banyak situs yang menyalin artikel anda atpi pencarian sering terbatas pada jumlah kata-kata dengan preposisi kurang signifikan seperti kata "di" "atau" "dan" yang tidak dihitung. Jadi mereka hanya mengcopy sebuah artikel dan paste tanpa melakukan beberapa trik. Inilah yang dapat anda lakukan untuk menemukan pelakunya.

Gunakan Operator intitle

Jika seseorang terang-terangan menyalin artikel anda, maka kemungkinan bahwa mereka mungkin telah menyalin tag judul. Anda dapat menggunakan Google Search khusus untuk judul dengan menggunakan operator pencarian intitle. Sebagai contoh, jika saya mencari duplikat artikel ini, saya akan menggunakan Google Search query berikut.
intitle:"Cara Mengetahui Artikel Yang Dicopy Paste Orang Lain"
Anda bisa melihat beberapa halaman web yang mungkin kebetulan memiliki judul yang sama seperti milik anda dengan isi yang berbeda. Tapi jika ada orang di luar sana yang menyalin penuh artikel anda, anda pasti akan menemukan mereka.

Operator Pencarian inurl

Sama seperti Operator intitle, Operator inurl dapat digunakan untuk mencari duplikat artikel. Misalnya :
inurl:cara_mengetahui_artikel_yang_dicopy_paste
Ini adalah cara yang pasti untuk menangkap bots, karena artikel disalin secara otomatis sebagian besar akan mencakup struktur URL yang sama. Orang-orang mungkin akan mengubah judul posting setelah disalin dari suatu tempat hanya untuk membuang pencipta konten asli. Tapi mereka tidak akan selalu mengubah URL, yang membuat mereka mudah ditemukan.

Google Webmaster Tools

Kadang-kadang ketika halaman indeks Google yang mendeteksi duplikat artikel, itu akan memberitahu penulis asli tentang orang yang melakukan duplikat. Tapi anda hanya dapat memanfaatkan fitur ini jika anda memiliki akun Google Webmaster Tools. Setelah diverifikasi, anda akan mulai menerima pesan untuk beberapa masalah penting seperti masalah yang ditemukan pada situs anda atau duplikat artikel yang ditemukan pada blog lain. Dalam teori, ini sangat baik. Tetapi dalam prakteknya, Google bukan yang terbaik untuk pekerjaan ini. Mungkin butuh beberapa waktu bagi Google untuk menemukan duplikat artikel dan tidak akan selalu mengirimkan pesan. Tapi untuk pemula, mungkin menjadi fitur yang berguna.

Punya teknik yang lebih yang cepat dan sederhana serta efektif dalam menemukan duplikat artikel ? Marilah kita saling berbagi di bagian komentar di bawah ini.

Semoga Bermanfaat.

5 comments

Terima kasih untuk informasinya mengenai cara mengetahui artikel yang dicopy paster orang lain yang ternyata bisa dengan cara menggunakan operator pencarian inurl.

Reply

prediksi bola terbaik , mampir ke profile ku :)

Reply

Terimakasih atas informasinya min, sangat bermanfaat!
Jangan lupa kunjungi website kampusku yukk walisongo.ac.id

Reply

Post a Comment